Roel Mustofa, Lelaki Seribu Janda

Roel Mustofa, relawan asal Beji, Depok, Jawa Barat, namanya ramai diperbincangkan setelah ia banyak mencurahkan kasih dan perhatian kepada janda di berbagai daerah.  Maka ia pun dikenal sebagai “lelaki seribu janda”.

Sudah sekitar 300 janda dari Lampung, Surabaya, Nganjuk, Semarang, dan Jabodetabek, ia santuni. Targetnya, ia ingin menafkahi seribu janda berusia 65 tahun ke atas.

Bang Cuy, begitu sapaan akrab Roel, dulu sering diperintahkan ibunya untuk membagikan makanan kepada para janda, teman sang ibu. Setelah ibunya meninggal, aktivitas itu dilanjutkannya namun dalam bentuk sembako, bukan makanan. “Menafkahi tidak harus menikahi,” ujar sosok yang banyak menginspirasi orang ini.

“Program lelaki 1000 janda ini merupakan penghormatan saya terhadap wanita,” ujar ayah satu anak ini.

Roel lantas berpesan agar jangan hanya wanita muda saja yang diperhatikan.

Selama menjalani kegiatan mulia ini, Roel mengaku tidak menemukan hambatan berarti. Hanya sedikit ‘pergolakan’ seperti hari ini ia mendapati sepuluh janda untuk dibantu, tapi kemudian ada berita lima janda meninggal. “Kami sempat down, tapi terus saja berusaha melakukan kebaikan,” pungkas pendiri Sekolah Relawan ini. [Edithya Miranti]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *