Analis: Perang Saudara di Yaman akan Meningkat

Sana’a, Gontornews — Kematian mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menimbulkan keraguan tentang masa depan negara yang dilanda perang tersebut. Sebab, perang koalisi pimpinan Saudi melawan pemberontak Houthi kemungkinan akan meningkat, kata beberapa analis.

Saleh terbunuh pada hari Senin oleh pejuang Houthi – mantan sekutunya – dan kematiannya dianggap sebagai “pukulan yang sangat besar” kepada pasukannya, kata Hakim al-Masmari, pemimpin redaksi Yaman Post.

“Rumahnya dikepung selama dua hari terakhir dan hari ini mereka menyerang rumah tersebut. Dia lolos … dia ditemukan di sebuah kendaraan yang bentrok dengan pasukan pemeriksaan Houthi,” katanya kepada Aljazeera dari ibukota Yaman, Sana’a.

“Di sinilah dia dibunuh bersama sejumlah pembantu seniornya,” paparnya seperti dikutip Aljazeera.

Saleh, yang memerintah Yaman selama lebih dari tiga dekade dan memainkan peran penting dalam perang sipil yang sedang berlangsung di negara tersebut, telah meminta koalisi pimpinan Saudi untuk mengakhiri pengepungan terhadap Yaman dalam sebuah pidato di televisi pada hari Sabtu.

Masmari mencatat kematian Saleh dapat menyebabkan koalisi pimpinan Saudi lebih meningkatkan operasi militernya. [Rusdiono Mukri]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *