Fit & Proper Test Calon Panglima TNI

Jakarta, Gontornews —  KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto menjalani uji kepatutan dan keyakan (fit & Proper Test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR RI, Jakarta, Rabu (6/12). Mantan Komandan Lanud Adi Soemarmo Solo era Presiden Jokowi sewaktu masih menjadi walikota Solo ini menjadi satu-satunya kandidat yang  diajukan Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang segera akan memasuki masa pensiun.

Kepada publik,  Marsekal  Hadi Tjahjanto minta didoakan agar bisa menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR dengan baik pada Rabu. “Tolong doakan saya agar nanti melaksanakan uji kelayakan semuanya berjalan lancar,” kata Hadi di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Ia tidak menyampaikan banyak pernyataan sebelum menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI, hanya menekankan bahwa uji kelayakan dan kepatutan itu sangat penting baginya.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kepala Staf Angkatan Darat dan Kepala Staf Angkatan Laut mengantarkan Hadi ke kompleks parlemen untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Gatot mengatakan kehadirannya bersama KSAD dan KSAL menunjukkan bahwa para senior siap dipimpin Hadi apabila disetujui DPR menjadi Panglima TNI.

“Saya sebagai Panglima TNI menjadi kebanggaan bahwa Presiden memilih di antara KSAD, KSAL, dan KSAU, maka sepantasnya saya mengantar ke sini,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR TB. Hasanuddin  mengatakan proses uji kelayakan dan kepatutan akan didahului dengan pemeriksaan administratif dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan visi-misi secara terbuka. Setelahnya, menurut dia, DPR akan melakukan pendalaman secara tertutup karena kemungkinan banyak hal yang sifatnya rahasia[DJ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *